Misi Perkumpulan Strada yang pertama yaitu “Menyelenggarakan pendidikan yang unggul bagi kaum muda agar berkembang menjadi pribadi yang cerdas, peduli dan berkarakter. Untuk mewujudkan hal tersebut maka SMP Strada Maria 1 melakukan kegiatan Pramuka yang dilaksanakan dalam kegiatan Perkemahan Jumat – Sabtu untuk siswa kelas 7, 8 dan 9. 

Kegiatan Perjusa diawali oleh kelas 9 yang dilaksanakan pada tanggal 27 – 28 Januari 2023. Kegiatan perjusa kali ini adalah kegiatan perkemahan yang pertama kali dilakukan oleh sekolah setelah masa pandemi. Kegiatan diikuti oleh seluruh siswa kelas IX dengan didukung oleh kakak-kakak pendamping alumni SMP Strada Santa Maria 1 dan kakak-kakak pembina. Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan lalu dilanjutkan dengan kegiatan pos-pos. 

Banyak kegiatan yang dilakukan dalam perjusa yaitu :
1. Kegiatan Pos terbagi atas :
a. KIM
b. Dasa Dharma
c. Lagu Nasional + Lagu daerah
d. PBB Tongkat
e. Morse peluit
f. Yel-yel

2. Kegiatan Ketangkasan, terbagi atas :
a. Bakiak
b. Engrang
c. Bola Bowling
d. Merayap
e. Sarang laba-laba

Semua kegiatan dilaksanakan secara beregu, melalui aktifitas-aktifitas yang mereka lakukan dalam kegiatan pos ataupun ketangkasan akan dinilai dan dipilih 3 regu putra dan 3 regu putri mana yang terbaik dalam mengikuti seluruh kegiatan yang ada. Terlihat antusias seluruh siswa dalam mengikuti kegiatan, walaupun cuaca yang kurang mendukung (turun hujan) tetapi tidak menyurutkan semangat siswa/i dalam mengikuti kegiatan Perjusa.

Dengan seluruh rangkaian kegiatan yang telah dilakukan oleh para adik-adik penggalang dan hasil akumulasi penilaian terpilihlah 3 regu putri terbaik yaitu regu teratai (kelas 9C), regu edelweis (kelas 9C) dan regu tulip (kelas 9D). Sedangkan untuk regu putra terpilih untuk regu banteng (kelas 9A), regu macan (kelas 9D) dan regu elang (kelas 9C). Selamat untuk para pemenang………

Diharapkan melalui kegiatan Perjusa ini, dapat diasah pembentukan karakter siswa dalam aspek kepemimpinan, disiplin, bekerja sama dan kreatif. Salah satu acara yang melatih kreatifitas siswa adalah penampilan atraksi siswa dalam acara Api Unggun. Semua menampilkan atraksi dengan maksimal dan luar biasa. Lalu acara Api Unggun ditutup dengan Renungan Malam, sejenak merenungkan hubungan pribadi dengan keluarga, dengan bapak/ibu guru ataupun dengan sesama, apakah hubungan secara pribadi sudah terjalin dengan baik ?

Seluruh rangkaian kegiatan Perjusa, ditutup dengan apel penutupan. Puji Tuhan, acara berjalan dengan lancar walaupun masih ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya dan akan menjadi bahan evaluasi agar kedepannya kegiatan Perjusa dapat terlaksana dengan lebih baik.

#salamamdg

Sebarkan artikel ini