Untuk mengenang perjuangan para tokoh bangsa, para pemuda angkatan 1928, SMP Strada Santa Maria 1 memperingati Hari Sumpah Pemuda dan Bulan Bahasa yang ke-94. Dengan semangat patriotisme, menjadikan kita manusia mempunyai jiwa nasionalisme dan kecintaan terhadap tanah air.

SMP Strada Santa Maria 1 mengadakan upacara bendera untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda yang pada tahun ini bertema “Bersatu Bangun Bangsa”. Upacara dipersembahkan oleh Tim Paskibra sekolah, petugas upacara dari pengurus OSIS, tim paduan suara sekolah dengan pembina upacara Ibu Lusia Lantika Wijayanti. Seluruh warga sekolah mengikuti kegiatan upacara dengan khidmat. Setelah mengikuti upacara dilanjutkan dengan kegiatan perlombaan dalam rangka memperingati Bulan Bahasa.

Sekolah mengadakan perlombaan dalam rangka Bulan Bahasa pada tanggal 28 Oktober 2022. Adapun tujuannya adalah memupuk semangat patriotisme siswa, meningkatkan semangat juang dalam meraih prestasi bagi siswa, memupuk jiwa sportifitas dalam berlomba bagi siswa. Perlombaan yang dilaksanakan adalah lomba mading dengan menggunakan Bahasa Inggris. Seluruh siswa antusias dalam mengikuti kegiatan ini terbukti dengan peran serta dalam kegiatan lomba.

Lomba mading ini diadakan antar kelas  dan secara berkelompok. Dengan ketentuan sebagai berikut:

v  Dengan Tema : Leave No One Behind.

v  Majalah dinding (Wall Magazine) ditulis dalam Bahasa Inggris.

v  1 (satu)  kelas diwakili 1 (satu) Group (terdiri dari 5 Siswa)

v  Pelaksanaan lomba :jumat, 28 Oktober 2022

v  Waktu pelaksanaan : 3 Jam (180 menit)

v  Bagian – bagian majalah dinding:

  1.     Judul (little) dapat diberi nama yang unik, nama sekolah atau nama sesuai tema.
  2.     Edisi (Edition) bisa ditulis momen yang dirayakan, contoh edisi hari kemerdekaan, edisi april, dan sebagainya.
  3.     Salam redaksi (greeting editor)sapaan dari penyusun kepada para pembaca, informasi singkat tentang isi madding.
  4.     Susunan redaksi (Editorial line) nama – nama penyusun redaksi.
  5.     Berita utama (Headline) Informasi tentang kegiatan perayaan HPS perkumpulan strada “Panen Tempe”
  6.     Artikel (Article) Rangkuman dari internet terkait tema.
  7.     Opini (Opinion/interview) pendapat beberapa orang tentang tema sumber dapat berasal dari orang tua, teman, guru      dan orang sekitar pengumpulan data / informasi dapat dilakukan sebelum hari pelaksanaan lomba)
  8.     Tambahan : cerita komik (comic Story) / puisi (Poetry)/pantun(Poem) / Ilustrasi (Ilustration )humor (jokes) / tips and          trick/cerpen (short story)terkait tema.
  9.     Hiasan

v  Semua pengerjaan majalah dinding dilakukan di sekolah.

v  Masing – masing group menyiapkan 1 lembar kertas karton manila sebagai backround mading dan kertas / pernak – Pernik hiasan sendiri.

v  Siswa boleh mencari bahan artikel dari internet terlebih dahulu di rumah, tetapi harus ditulis ulang di atas kertas pada saat pelaksanaan lomba (tidak boleh diprint dan langsung ditempel di mading)

v  Kriteria penilaian:

  1.   Kesesuaian isi mading dengan tema
  2.   Kelengkapan isi mading
  3.   Ketepatan waktu
  4.   Kreativitas

 

Pemenang lomba dipilih per jenjang dan hasil mading pemenang akan di pasang di papan mading sekolah.pemenangnya adalah sebagai berikut:

  1.   Kelas 7D
  2.   Kelas 8B
  3.   Kelas 9B

Selamat untuk para juara, harapannya semua siswa mampu memiliki semangat dan jiwa nasionalis,cinta terhadap bangsa  Indonesia.

Wah,menarik bukan kegiatannya… semoga dengan diadakan kegiatan di Hari Bahasa ini dapat membantu siswa / siswi untuk semakin giat membaca. Selamat memperingati Bulan Bahasa !!!

Sebarkan artikel ini