“Leave No One Behind; better production, better nutrition,

a better environment, and a better life”.

Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tanggal 16 Oktober. Tema yang diangkat di tingkat internasional adalah “Leave No One Behind; better production, better nutrition, a better environment, and a better life”. Tidak Meninggalkan Siapa pun di belakang; Produksi yang lebih baik, Gizi yang lebih baik, Lingkungan yang lebih baik, dan Kehidupan yang lebih baik dan berkualitas.

Mengutip dari Surat Gembala Hari Pangan Sedunia 16 Oktober 2022 bertemakan “Menghargai Pangan sebagai Wujud Penghormatan Martabat Manusia”

“Jangan Sampai Ada yang Tertinggal”. Seruan ini mengingatkan kita akan kenyataan bahwa ada banyak saudari-saudara kita yang tidak mampu mengejar dan menikmati hasil pembangunan dan kemajuan. Saudari-saudara kita inilah yang sering disebut golongan lemah, miskin, terpinggirkan dan disabilitas. Saat ini, keadaan saudari-saudara kita ini makin rentan  akibat krisis global.

Pesan Hari Pangan Sedunia agar jangan ada seorang pun yang tertinggal ini menjadi tantangan iman dan moral bagi kita juga. Tantangan ini menjadi lebih mendesak lagi, karena kita Umat Katolik Keuskupan Agung Jakarta ingin lebih mengamalkan Ajaran Sosial Gereja melalui tema Penghormatan Martabat Manusia,  dan  semboyan  Semakin Mengasihi, Semakin Peduli dan Semakin Bersaksi. Perayaan Hari Pangan Sedunia tahun 2022 ini dapat membantu kita untuk menyadari bahwa salah satu hak dasar manusia adalah hak atas kebutuhan makanan. Dalam rangka menghormati martabat manusia, kita dapat bertanya kepada diri kita masing-masing, keluarga dan komunitas kita

Tema peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2022 mengajarkan kita bahwa kebersamaan itu penting, Tidak dianjurkan untuk maju sendirian. Semua bangsa harus maju bersama, menuju masa depan yang lebih baik. Tidak boleh ada yang tertinggal. Tidak boleh juga meninggalkan yang lainnya.

Perkumpulan Strada Cabang Tangerang ikut ambil bagian dalam memperingati Hari Pangan sedunia dengan mangangkat tema “Pangan Lokal, Sehat, dan Bergizi”

Sebagai wujud dukungan sekolah dalam peringatan Hari Pangan Sedunia ini, SMP Strada Santa Maria 1 ikut berpartisipasi di dalamnya. Adapun bentuk kegiatannya adalah :

  •         Berpartisipasi dalam Gerakan Bersama Panen Tempe yang diadakan Strada Cabang Tangerang dan disiarkan secara live di kanal youtube Perkumpulan Strada Cabang Tangerang pada hari Senin, 17 Oktober 2022 pukul 09.00 WIB. Keikutsertaan SMP Strada Santa Maria 1, Tangerang, dalam Gerakan Bersama Panen Tempe melibatkan beberapa siswa-siswi kelas VII, VIII, dan IX. Dalam kegiatan tersebut siswa-siswi mendemonstrasikan cara mengolah tempe sendiri menjadi beberapa menu makanan, ada tempe orek, tempe mendoan,tempe bacem, perkedel tempe, keripik tempe dan sayur tempe.

  •         Sebagai bentuk kepedulian akan kegiatan HPS ini, para siswa melakukan pengumpulan dana  dengan menyisihkan sebagian uang jajan, dana yang terkumpul diperuntukkan bagi sesama yang membutuhkan yang nantinya akan disalurkan ke Keuskupan Agung Jakarta.
  •     Kebersamaan kelas yang dilaksanakan pada hari jumat tanggal 28 Oktober 2022 mengangkat tema yang digaungkan Perkumpulan Strada Cabang Tangerang yaitu “Pangan Lokal, Sehat, dan Bergizi” dimana setiap kelas menyiapkan makanan tradisional dan menu yang diutamakan adalah olahan tempe, makanan tersebut di santap oleh semua siswa di kelas masing-masing.

Peringatan Hari Pangan Sedunia di SMP Strada Santa Maria 1 berjalan dengan lancar karna semua siswa-siswi berpartisipasi aktif dalam segala kegiatan yang di adakan di lingkungan SMP Strada Santa Maria 1, harapannya siswa-siswi dapat memaknai Hari Pangan Sedunia ini dengan hal-hal positif, menghargai makanan dan mengupayakan pola makan yang secukupnya dan sehat serta tidak membuang makanan.

Dengan melakukan hal tersebut kita dapat menjadi bagian dari pahlawan pangan dan turut berkontribusi menjaga ketahanan pangan di lingkungan kita. Mari mulai perubahan dari diri sendiri dan lingkungan terdekat. Selamat Hari Pangan Sedunia!

Sebarkan artikel ini