Tangerang, Februari 2022

Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara demokrasi. Demokrasi diadakan untuk menyampaikan seluruh aspirasi rakyat. SMP Strada Santa Maria 1 tentunya juga menerapkan demokrasi. Salah satu bentuk demokrasi di sekolah adalah dengan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS.

Kepengurusan OSIS 2020/2021 akan segera berakhir. Maka, dilaksanakan proses pembentukan kepengurusan OSIS yang baru. Proses pembentukan kepengurusan OSIS di sekolah melalui beberapa tahap-tahap. Yang pertama, sekolah mengadakan pendaftaran kepengurusan OSIS periode 2021/2022 dengan bantuan wali kelas 7 dan 8. Setiap kelas diberikan kuota sebanyak 5 orang untuk mendaftarkan diri melalui wali kelas, yang sudah melalui tahap penyaringan dari setiap kelasnya, termasuk dengan anggota OSIS di periode sebelumnya. Lalu, setelah terpilih 5 orang dari setiap kelas, kemudian wali kelas membagikan link pendaftaran melalui Google Form. Dalam Google Form tersebut, calon anggota OSIS mengisi data diri, prestasi, dan foto diri. Setelah semua data lengkap, lalu dikirimkan dan akan diproses oleh panitia pemilihan.

Jumlah calon anggota OSIS yang mendaftar sebanyak 45 siswa. Dari 45 siswa itu nantinya akan dipilih kembali menjadi 26 siswa untuk bergabung dalam kepengurusan OSIS periode 2021/2022. Proses pemilihan anggota OSIS dan penentuan anggota berdasarkan pengisian biodata dan pertimbangan dari pembina dan seluruh anggota OSIS di periode 2020/2021. Penentuan calon ketua dan wakil ketua OSIS periode 2021/2022 juga atas pertimbangan pembina dan anggota OSIS periode 2020/2021.

Sebelum melakukan voting untuk memilih ketua dan wakil ketua OSIS, diadakan kampanye pasangan calon ketua dan wakil ketua OSIS melalui tayangan live streaming kanal YouTube sekolah pada Senin, 31 Januari 2022. Tayangan video kampanye berisikan pengenalan visi, misi dan program kerja kedua kandidat. Pemilihan Ketua OSIS SMP Strada Santa Maria 1 dilaksanakan pada Rabu, 2 Februari 2022. Dikarenakan masih dalam situasi pandemi, maka SMP Strada Santa Maria 1 melakukan pemilihan OSIS periode 2021/2022 secara online dengan menggunakan Google Form. Peserta yang berhak memilih adalah seluruh siswa, guru dan karyawan SMP Strada Santa Maria 1.

Berikut adalah kandidat calon Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS SMP Strada Santa Maria 1 periode 2021-2022 :

Paslon Nomor Urut 1
Ketua: Jessica Claudya Elisabet
Wakil Ketua: Kayleaca Taniawan

 

Paslon Nomor Urut 2
Ketua: Margaretha Keira Anggi
Wakil Ketua: Vicenza Alana Maranatha

 

Setelah melalui proses yang cukup panjang dan menegangkan, akhirnya terpilihlah ketua dan wakil ketua OSIS periode 2021/2022 SMP Strada Santa Maria 1, yaitu kandidat nomor urut 2 (Margaretha Keira Anggi dan Vicenza Alana Maranatha). Pengumuman hasil perolehan penghitungan suara pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS disampaikan melalui Instagram resmi sekolah @sanmaroe.gram pada tanggal 7 Februari 2022.

Kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS diharapkan bisa menambah pengalaman dan pembelajaran untuk siswa-siswi sebagai warga negara yang baik, dan juga siswa-siswi dapat mengetahui prosedur pemilihan umum yang benar dalam konteks yang sederhana. 

Kita patut bersyukur karena proses pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS periode 2021/2022 SMP Strada Santa Maria 1 dapat berjalan dengan lancar dan memperoleh hasil yang sportif (adil).

 

Berikut ini pengumuman anggota OSIS 2021/2022 :

Selamat kepada teman-teman yang sudah bergabung dengan OSIS periode 2021/2022!

 

Oh ya, mau tahu bagaimana proses kampanye dari para kandidat ketua dan wakil ketua OSIS periode 2021/2022?

Silakan disimak dalam tayangan youtube berikut ini :

 

Sebarkan artikel ini